Jumat, 07 Mei 2021

Pengajian Ramadhan UMSU: Idul Fitri Perkokoh Silaturrahim



umsu.ac.idpada kajian Ramadhan UMSU yang turut diikuti oleh PWM Sumatera Utara, PWA Sumatera Utara, PDM se Sumatera Utara, dan civitas akademika UMSU, Kamis (6/5).

Idul Fitri adalah puncak dari pelaksanaan ibadah Ramadhan, dimana Ibadah ramadhan diharapkan mampu mengantarkan kita pada nilai ketaqwaan, siapa orang yang bertaqwa itu yaitu orang orang yang mampu melaksanakan aktifitas yang mendukung kohesi sosial.

Nawir Yuslem mengatakan Kohesi sosial terjadi dimana Kehidupan masyarakat bisa terbentuk ketika masing masing unsur masyarakat memiliki ketergantungan antara satu dengan yang lainnya Kohesi sosial berasal dari kata kohesi secara bahasa berarti hubungan yang erat atau perpaduan yang kokoh, kemampuan suatu kelompok untuk menyatu. 

Islam memandang kohesi sosial pada abad ke 7 Rasulullah sudah mempraktekkan nya melalui sebuah hadis riwayat Imam Muslim “perumpamaan orang mukmin dalam hal saling mencintai mengasihi dan menyayangi di antara mereka sama seperti sebuah tubuh, jadi kalau salah satu unsur tubuh ini terserang sakit, makanya yang lain turut serta merasakan sakit.

Idul Fitri berbicara rangkaian aktivitas ibadah yang di syariatkan padanya. Ada satu syariat yang di perintahkan oleh Rasul untuk dilaksakan sebelum kita memasuki idul Fitri yaitu membayar zakat fitrah. Zakat fitrah seyogyanya Mensucikan orang orang puasa dari lava yaitu kegiatan yang tidak bermanfaat dan  Rafas yaitu perbuatan yang keji dan ini juga lah yang diharapkan dari pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Dan ada satu tradisi yang dilaksanakan para sahabat dan di benarkan Rasul setelah sholat idul Fitri yaitu tradisi saling mendoakan dimana dapat memperkokoh silaturahim antara satu dengan yang lain. 

pelaksanaan Pengajian Ramadhan UMSU pada Ramadhan kali ini di gelar sebanyak empat kali. UMSU berharap melalui Pengajian Ramadhan ini mari bersama kita memaknai materi materi kajian yang sudah disampaikan oleh para Narasumber sehingga dapat kita ambil hikmah untuk menambahmenambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. 

Diakhir penyampaian dia menghimbau kepada seluruh civitas akademika universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan, selama pelaksanaan libur menyambut idul Fitri agar terhindar dari virus covid 19.

Sumber:

https://www.umsu.ac.id/

 https://www.umsu.ac.id/2021/05/07/pengajian-ramadhan-umsu-idul-fitri-perkokoh-silaturrahim/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar